Senin, 14 Februari 2011

Dependen


  1. PENGERTIAN
Dependen / tergantung adalah sikap dan perilaku anak yang selalu ingindibantu dalam melakukan berbagai hal yang sebenarnya sudah dapat dilakukannya.
      Proses perkembangan kemandirian pada anak diawali sejak usia yang sangat dini, ketika anak  mulai sadar dan menunjukkan perkembangan keterampilan motorik kasar dan sedikit motorik halus.
  1. CIRI-CIRI
Adapun ciri-ciri anak dependen antara lain :
    1. Sering mengatakan tidak bisa, tidak mampu
    2. Tampak tidak semangat, malas, ragu-ragu dan cemas
    3. Reaksi dan perilakunya dalam banyak situasi seperti anak dibawah usianya
    4. Cenderung pendiam, pasif, tidak lincah terutama dalam situasi yang dipersepsikannya menuntut prestasi
    5. Dalam pergaulan dengan teman sebaya cenderung menjadi pengikut
    6. Bila melakukan tugas perlu petunjuk yang jelas dan dukungan orang lain
    7. Bila bekerja butuh waktu lama, banyak menghapus dan lebih banyak diam.
  1. PENYEBAB
Faktor yang paling banyak menentukan perkembangan anak menjadi dependen/tergantung adalah sikap dan perlakuan orang tua/pengasuh yang kurang memberi kesempatan dan latihan pada anak untuk mengerjakan sesuatu sendiri. Hal ini disebabkan oleh orang tua/pengasuh yang :
    1. Menganggap anak tidak mampu (under-estimate) sehingga selalu cenderung membantu anak
    2. Menuntut anak terlalu tinggi sehingga tidak sabar bila anak bekerja lambat dan tidak rapi
    3. Kasihan melihat anak sulit melakukannya sendiri dengan susah payah, selalu melindungi anak dari kesulitan (over-protective).
  1. PENANGANAN
Pokok permasalahan anak dependen adalah tidak berkembangnya keterampilan untuk melakukan berbagai kegiatan (life skills) dan perasaan bahwa ia tidak mampu. Konsep diri (self concept) dan harga diri (self esteem) tidak berkembang dengan baik.
Penanganan diarahkan untuk meningkatkan keterampilan dan harga diri dengan cara sebagai berikut :
1.       Berikan kesempatan dan latihan pada anak untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya dapat dilakukan, dengan selalu disertai dukungan dan penghargaan sekecil apa pun prestasi/hasil kerjanya
2.       Tanamkan disiplin, rutinitas dan batasan-batasan yang realistis
3.       Hindarkan/minimalkan situasi yang dapat menyebabkan anak merasa tertekan, terancam sehingga timbul kecemasan dan rasa takut yang akan menghambat gerak dan langkahnya
4.       Beri kesempatan anak untulk mengambil keputusan dan menentukan apa yang akan dilakukan atau dipilihnya, beri penghargaan bila ia mau dan dapat melakukannya.
  ( Wallahua’lam, Usth. Siti )

2 komentar:

Unknown on 19 Maret 2017 pukul 11.50 mengatakan...

boleh minta referensinya?

Unknown on 19 Maret 2017 pukul 11.51 mengatakan...

boleh minta referensinya tentang dependen?

Posting Komentar

 

KB/TKIT MUTIARA INSANI Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino