Senin, 14 Februari 2011

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)


  1. PENGERTIAN
National Association for the Education of Young Children ( NAEYC) mendefinisikan anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-8 tahun yang tercakup dalam program pendidikan di taman penitipan anak, penitipan anak pada keluarga ( family child care home), pendidikan prasekolah baik swasta maupun negeri, TK dan SD.
Undang- undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 1 ayat 14 menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
  1. KARAKTERISTIK
Berbeda dengan fase usia anak lainnya, anak usia dini memiliki karakteristik yang khas. Adapun karakteristik anak usia dini adalah sebagai berikut :
1.      Memiliki rasa ingin tahu yang besar
2.       Merupakan pribadi yang unik
3.       Suka berfantasi dan berimajinasi
4.       Masa paling potensial untuk belajar
5.       Menunjukkan sikap egosentris
6.       Memiliki rentang daya konsentrasi yang pendek
7.       Sebagai bagian dari makhluk sosial
         Selain karakteristik anak usia dini diatas ada beberapa titik kritis yang perlu diperhatikan pada anak usia dini yang berbeda dengan anak usia sesudahnya. Titik kritis tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Membutuhkan rasa aman, istirahat dan makanan yang baik
  2. Datang kedunia yang diprogramkan untuk meniru
  3. Membutuhkan latihan dan rutinitas
  4. Memiliki kebutuhan untuk banyak bertanya dan memperoleh jawaban
  5. Cara berpikir anak berbeda dengan orang dewasa
  6. membutuhkan pengalaman langsung
  7. Trial and error menjadi hal pokok dalam belajar
  8. Bermain merupakan dunia masa kanak- kanak

  1. TUJUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Tujuan PAUD adalah untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak agar dapat tumbuh kembang secara sehat dan optimal sesuai dengan nilai, norma dan harapan masyarakat. Pandidikan anak usia dini merupakan persiapan untuk memasuki pendidikan dasar. Hasil PAUD sangat menentukan keberhasilan anak dalam mengikuti pendidikan dasar. ( Wallahua’lam, Usth Siti )

0 komentar:

Posting Komentar

 

KB/TKIT MUTIARA INSANI Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino