Senin, 14 Februari 2011

Program Pendidikan Taman Kanak - Kanak


Karakteristik program pendidikan TK secara garis besar adalah :
  1. Bersifat terintegrasi, yakni program pendidikan yang dapat menyajikan suatu aktivitas belajar anak secara terpadu. Program pendidikan yang diorganisasikan secara terpadu memungkinkan proses pembelajaran dilakukan secara tidak terstruktur dan dapat diimplementasikan dalam bentuk kegiatan anak yang lebih alamiah dan bermakna.
  2. Memperhatikan kontinum perkembangan dan belajar anak. Kesinambungan perkembangan anak dengan berbagai dimensinya baik fisik, intelektual, emosional, sosial dan spiritualperlu dijadikan pertimbangan agar proses pendidikan yang dilaksanakan benar – benar mendukung perkembangan anak secara optimal.
  3. Bersifat emergent dan kontekstual. Guru berupaya memperhatikan dan menyesuaikan hal – hal yang secara spontan terjadi di kelas dan menjadi perhatian anak.
  4. bersifat koheren ( keterhubungan ). Koherensi program ini bisa menyangkut dua dimensi yakni dimensi secara berurutan dan dimensi area pembelajaran.
  5. Kaya dan bervariasi. Pengalaman belajar yang kaya adalah pengalaman belajar yang didalamnya terdapat interaksi antara anak dengan berbagai sumber belajar yang menghasilkan kebermaknaan bagi anak. Pengalaman yang variatif adalah dengan melaksanakan aktivitas yang bermacam – macam dalam pengalaman belajarnya.
Ruang lingkup materi program pendidikan TK harus bersifat komprehensif sehingga dapat memfasititasi segenap aspek perkembangan anak secara individu. Secara substansial, program pendidikan TK perlu memuat materi dan aktivitas pembelajaran yang dapat menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak yang meliputi fisik, intelektual, emosional, sosial dan spiritual.

0 komentar:

Posting Komentar

 

KB/TKIT MUTIARA INSANI Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino